Saturday, October 2, 2010

Asal Usul Nama 'Amerika' (America)


Banyak sejarah yang rancu mengenai penemu benua Amerika, sebagian mengklaim bahwa penemu benua Amerika adalah serorang Portugis bernama Joao vas de Corte Real pada tahun 1472. Namun, tidak banyak masyarakat dunia yang mengetahui tentang sejarah tersebut, mereka hanya mengenal Christoper Colombus yang datang di benua tersebut pada tahun 1492. Dalam hal ini, kita tidak akan membicarakan siapa sebenarnya penemu benua Amerika melainkan dari mana asal muasal nama ‘Amerika’ itu lahir.
Konon Colombus ditugaskan oleh pihak kerajaan Spanyol untuk melakukan ekspedisi menjelajah bumi dengan menggunakan kapal ekspedisi yang dibiayai oleh kerajaan Spanyol. Dalam perjalannya, Kapal tersebut sempat singgah beberapa kali di berbagai tempat di Asia di antaranya di pulau Jawa sebelum melanjutkan perjalanya menemukan benua yang lebih besar. Dalam persinggahan kapal Colombus di tanah Jawa, Ketua ekspedisi tersebut merekrut beberapa penduduk setempat untuk menjadi awak kapal ekspedisi, termasuk di antaranya adalah penduduk pulau Jawa. Salah satu awak kapal dari Banyumas menempati posisi sebagai peneropong yang kemudian diminta untuk melaporkan hasil peneroponganya di atas dek kapal kepada Colombus mengenai keadaan di depan kapal guna memperlancar perjalanan. Colombus juga meminta agar si awak tersebut memberitahu jika ada daratan di depan arah kapal tersebut.
Pada suatu ketika, dalam peneropongannya, awak kapal tersebut melihat sebuah daratan yang sangat luas, lalu bergegas turun dari atas dek dan memanggil Colombus untuk melihat hasil peneroponganya. Dengan gembiranya, Colombus pun bergegas naik ke atas dek kapal dan menanyakan kepada si awak tersebut, “di mana daratan itu” lalu sambil menunjuk daratan tersebut si awak tersebut secara berulang-ulang menjawab “Amrika....!!!!” “ Amrika...!!!” “Amrika....!”(maksudnya adalah ‘di sana’), kemudian secara spontan Colombus menamai daratan tersebut dengan nama “Amerika”.    
Dari cerita di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa asal usul nama ‘Amerika’ adalah dari bahasa Jawa Banyumas ‘Amrika’ yang berarti ‘di sana’,. Tidak terbayangkan jika Colombus merekrut awak kapal dari Jogja atau Solo mungkin benua tersebut sudah bernama ‘Ameriko’

0 comments: